Tentang BKTC

Karate bukanlah beladiri kepunyaan siapa yang menang dan kalah, ia adalah bela diri untuk melindungi diri sendiri. Di mana dalam karate tangan dan kaki dilatih untuk melakukan pukulan dan tendangan yang dapat digunakan sebagai senjata untuk menyerang lawan. Karate sebagai beladiri juga merupakan olah raga melatih diri menjadikan orang yang mempunyai sportifitas tinggi

Berdirinya INKAI di Pulau BATAM

Batam yang dicanangkan sebagai Pulau Kawasan Industri pada tahun 1979 masih merupakan satu pulau yang disebut VIRGIN ISLAND. yang baru disentuh oleh PERTAMINA dan Badan Pelaksanaan Otorita Batam untuk dikembangkan. Dengan perkembangan ini maka ramailah tenaga kerja yang berdatangan, seiring dengan pembangunan Pulau Batam berdirilah Perguruan INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)

Yayasan INKAI dilingkungan Kantor Otorita Batam resminya berdiri pada bulan April 1980. Pada saat itu pengikut olah raga ini yang terbanyak adalah dari Satpam Otorita Batam, baik dari sipil maupun ABRI. organisasi ini masih belum terbentuk sempurna, tetapi kita meminta/mengangkat Kepala Balak Otorita Batam sebagai pelindung Organisasi ini yaitu Bpk H.Soedarsono(Alm). Dan terbentuk susunan organisasi yang diketahui oleh Mahyong Sikumbang untuk wilayah Batam dalam status AFFILIASI INKAI PUSAT

Dengan status ini pada tahun 1983-1985 INKAI mempunyai DOJO sebanyak 7 Ranting, Dojo Ranting Belakang Padang (Aula Pemuda Ketua Bpk. Ali Bulog), Dojo Pertamina Pulau Sambu (Gedung Pertemuan Ketua dari Bapor Pertamina), Dojo SD Kartini I (Aula SD Kartini Ketua Bpk. Harun Mustaram), Dojo Kehewanan Sekupang (Aula Kantor Kehewanan Ketua Bpk. Ir.Purnawi), Dojo Rumah Sakit Sekupang (lapangan Volly RS Ketua Bpk. Dr.Ismanto), Dojo PBK Batu Ampar (Lapangan Tenis Batu Ampar Ketua Bpk. Suparno), Dojo Perpustakaan YKB (Aula Perpustakaan Ketua Bpk. Harmani). Dan sebagai Koordinator latihan adalah Sempai Mahyong Sikoembang dan Moch. Bachtiar.

Pada tahun 1985 INKAI Batam mengikuti sertakan karete-ka hasil gemblengan untuk mengikuti GASHUKU DAN UJIAN DAN yang diadakan di Palembang, berhasil mencetak sabuk hitam Soeparno (Satpam OB) Iman & (Pertamina) Dan I Untuk pertama kalinya diadakan rapat pembentukan Pengurus yang bertempat dikediaman Bapak Roediono KD (Alm) mengangkat beliau sebagai ketua INKAI terlampir susunan pengurus yang diterbitkan oleh pusat. Kejuaraan INKAI se Batam digelar untuk pertama kalinya pada tahun 1987 di Gedung Beringin Batam, selain dari Dojo Ranting yang ada di Bata, Sambu, Belakang Padang. Pengurus Batam mengundang PengCab Tanjung Pinang dan PengCab Tanjung Balai Karimun untuk hadir mengikuti kejuaraan ini. Kejuaraan ini untuk Senior dan Junior Kejuaraan berjalan dengan sukses dibawah panitia Bapak Dr. ISMANTO Ahli Bedah.

Kegiatan prestasi yang di capai

Tahun 1989 mengirim karate-ka untuk ujian Dan DUMAI lulus AZIZ Dan I
Tahun 1989 mengirim karate-ka Nasional ke Jakarta lulus Moch. Bcahtiar Dan III
Tahun 1990 mendapatkan tanah untuk DOJO INKAI dari OTORITA BATAM melalui Bapak Ir. ROEDIONO KD (Alm) seluas 5000 m2.
Tahun 1995 mengikuti Kejuaraan INKAI di Pekanbaru, dengan hasil yang kurang memuaskan.
Tahun 1995 Pengurus INKAI Ir. Roediono KD dan Wakil Ketua Ir. Joki Muchajar.
Tahun 1996 mengirim ujian Dan di Bangka lulus Drs. Harmani Dan I
Tahun 1997 mengirim karate-ka ujian Dan ke Palembang lulus Saptadi Dan II, Nunuk Dan I
Tahun 1998 mengirim karate-ka ujian Dan ke Bangka lulus Rianto, Hendra Dan I

Mereka terus memperjuangkan agar DOJO INKAI cepat berdiri tetapi masih terdapat krikil2 yang menghalang. Kejuaraan Karate INKAI Tradisional II di Batam dilaksanakan di gedung PENGUIN BALOI yang mana diikuti oleh peserta dari Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, dan Batam sendiri sebagai tuan rumah mendapatkan gelar juara UMUM. Tahun 1999 mengirimkan atlit untuk kejuaraan Daerah Pekanbaru mendapat juara III untuk kata perorangan… (azis)

Pembangunan Dojo INKAI Tradisional

Tanpa mengenal lelah Bapak Ir. Joki Muchajar mencarikan para investor yang mau mengerjakan DOJO INKAI, Tuhan mengabulkan pembangunan DOJO INKAI menjadi kenyataan dengan PT. KHARISMA belai didampingi dengan Bapak Drs. Harmani beserta pengurus menyaksikan acara serah terima bangunan dengan membagi sebagian tanah untuk PT. KHARISMA sebagai pekerja pelaksanaan pembanguna DOJO INKAI 1999 mulai dikerjakan, bangunan DOJO INKAI selesai pada tahun 2001 bulan Desember. Untuk diketahui ini adalah suatu prestasi yang luar biasa yang ditujukan oleh Kepengurusan INKAI dipimpin oleh Bapak Ir. Joki Muchajar Msp berserta Bapak Drs. Harmani serta Moch. Bactiar beserta pengurus lainnya, dan ini adalah DOJO yang terbesar diseluruh provinsi yang ada di Indonesia. Diaktifkan pada bulan April 2002 sebagai Pusat Latihan Karate Tardisional Batam.

Prestasi gemilang yang didapat

Januari 2002 mengirimkab karate-ka Batam untuk mengikuti ujian Nasional dan Internasional, berhasil lulus peringkat terbaik untuk Dan I Sarjito ujian JKA, Ibrahim DAN I JKA, Khoiry DAN II.
Juni 2002 mengirimkan karate-ka Batam untuk mengikuti ujian nasional di DUMAI dengan hasil yang memuaskan Lulus 100% ke DAN III taufik DAN II Wahyu Roy, Herman, Bara DAN Mustika, Nur ifa.
Tahun 2002 atlit putri INKAI karate-ka MUSTIKA mewakili perguruan mengikuti kejuaran PORDA dipekanbaru mendapatkan Medali Emas untuk Kumite putri 60 Kg Perorangan dan medali Perak untuk kelas Bebas.